Robbymilana's Blog

Apa yang Anda lihat, belum tentu demikian adanya.

Dasar-Dasar Percakapan Bahasa Inggris

Posted by robbymilana on April 22, 2010

Pengantar
Dalam percakapan bahasa Inggris, ada beberapa dasar yang terlebih dahulu perlu diketahui, yakni Greeting, Leavetaking, dan Thanks. Hal ini hanya untuk mempermudah saja.

1. Greeting (Tegur Sapa)
Greeting diucapkan ketika kita baru bertemu dengan seseorang, entah orang itu sudah kita kenal sebelumnya atau baru kita kenal. Beberapa kata dalam greeting yang biasa diucapkan terlihat dalam gambar di bawah:

Perhatikan bagaimana kita mengucapkan greeting kepada seseorang. Sesuaikan dengan kondisi. Tidak mungkin kita mengucapkan “good morning” di siang hari, atau “good evening” di pagi hari.

Perhatikan pula kolom responds, yakni bagaimana kita memberikan respons atau jawaban jika kita yang disapa terlebih dahulu oleh orang lain.

Ada satu catatan. Kalimat “how do you do” seringkali diartikan “apa kabar”. Namun pada dasarnya kalimat itu lebih banyak tidak diartikan. Maknanya sekedar menegur saja sebagaimana “hai” atau “hello”. How do you do berbeda dengan kalimat “how are you” yang memang berarti “apa kabar”. Karena itu responds yang diberikan pun berbeda. Jika Anda disapa dengan “how do you do” maka Anda akan memberi respons “how do you do” juga. Tapi jika Anda disapa dengan kalimat “how are you”, maka baiknya Anda menjawab dengan “I’m fine” (saya baik-baik saja) atau “I’m not well” (saya kurang sehat). Respons Anda tergantung pada situasi fisik Anda saat itu.

2. Leavetaking (Berpamitan/Ucapan Selamat Tinggal)
Leavetaking diucapkan ketika kita akan berpisah atau meninggalkan seseorang yang menjadi lawan bicara. Beberapa kata dalam leavetaking yang biasa diucapkan terlihat dalam gambar di bawah:

3. Thanks (Ucapan Terima Kasih)
Thanks diucapkan ketika kita ingin berterima kasih kepada seseorang yang menjadi lawan bicara. Beberapa kata dalam thanks yang biasa diucapkan terlihat dalam gambar di bawah:

Perhatikan contoh dialog berikut:

Michelle : Hi. Good morning.
Nina : Good morning.
Michelle : May I borrow your book, Nina ?
Nina : Yes, of course. Wait a minute.
Here you are.
Michelle : Thank you very much.
Nina : You are welcome.
Michelle : See you in school, Nina.
Nina : See you.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: