Robbymilana's Blog

Apa yang Anda lihat, belum tentu demikian adanya.

Word Order

Posted by robbymilana on April 16, 2010

A.Subject
Subject adalah pokok dari sebuah kalimat. Setiap kalimat harus mempunyai Subject. Subject dapat berupa kata ganti orang atau benda yang melakukan kegiatan dan biasanya posisinya mendahului Verb (kata kerja).

Subject:
# She
# We
# The book (nama benda)
# He
# I
# Ranny (Nama orang)
# It
# You
# They
# The weather

Perlu diketahui juga pembagian Subject dalam bahasa Inggris dibagi menjadi dua jenis: Subject Jamak dan Subject Tunggal.

Subjek Jamak:
They, We, I, You, Books, Men

Subjek Tunggal:
She, He, It, Ranny, Book, Man

He goes to school everyday
They go to school everyday

Ingat lah! Ada beberapa kalimat yang tidak memiliki “Subject murni”. Jika tidak terdapat “Subject murni”, biasanya Subject dalam kalimat tersebut digantikan oleh kata “it” dan “there”.

It is nice today
There were many people in the room

Keterangan:
It merupakan Subject. Pada kalimat di atas “it” menggantikan Subject “weather” (cuaca). Sementara “there” pada contoh kedua menggantikan “people”.

B.Verb
Verb atau kata kerja adalah tindakan yang dilakukan Subject dalam sebuah kalimat. Verb juga yang menunjukan keberadaan (existence) dan pernyataan (state) subject. Letak dari Verb adalah setelah Subject.

 Ranny fell
 He bought some books
 John is a student

Verb biasanya diikuti oleh kata-kata lain seperti nouns (kata benda), adjectives (kata sifat), preposition (kata depan: tempat/waktu/dll) dan adverb (kata tambahan). Kata-kata yang datang setelah Verb tergantung dari jenis Verb nya. Umumnya jenis Verb (kata kerja) terbagi menjadi Transitive, Intransitive dan Linking Verb.

1. Kata Kerja Transitive adalah kata kerja yang memerlukan “object penderita”. Artinya, kata kerja Transitive diikuti oleh kata atau sekelompok kata lain sebagai object.

Contoh: I saw the news on TV (S + TV + O)

2. Kata Kerja Intransitive adalah kata kerja yang tidak memerlukan “object penderita”. Kata kerja ini hanya memerlukan Subject, namun demikian secara gramatikal kalimatnya dianggap sudah lengkap meski tanpa objek penderita.

Contoh: Bird flies (S + IV)

3. Linking Verb adalah kata kerja “penghubung” dalam suatu kalimat. Dalam Linking Verb yang menjadi penghubung adalah To Be. Dengan demikian di sini To Be bertindak sebagai kata kerja. Linking Verb tidak diikuti oleh object, tapi diikuti oleh kata pelengkap (complement). Kata pelengkap ini yang memberikan gambaran/keterangan tentang Subject.

Contoh: She is a lawyer (S + LV + O)

C. Complement
Complement adalah pelengkap kata kerja. Complement biasanya berupa noun (kata benda). Complement terletak setelah Verb (kata kerja).

Contoh: She bought a cake yesterday (S + V + C )

D. Modifier
Modifier atau kata keterangan adalah kata yang memberi keterangan terhadap kata lain yang mendahuluinya dalam sebuah kalimat. Modifier menunjukan keterangan waktu, tempat atau cara bertindak. Namun yang paling sering digunakan adalah “prepositional Phrase”, yakni kelompok kata-kata yang diawali oleh kata depan (misalnya at, in, on, dll) dan diakhiri oleh kata benda.

a. Modifier Of Time (waktu)
We ate lunch at 12 o’clock
b. Modifier of Place (tempat)
We ate lunch at Padang Restaurant
c. Modifier of Manner (cara bertindak)
We ate lunch very fast
d. Preposition Phrase
At 12 o’clock

Untuk mempelajari Preposition lebih jauh, Anda dapat melihat halaman mengenai Preposition.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: