Robbymilana's Blog

Apa yang Anda lihat, belum tentu demikian adanya.

Positioning

Posted by robbymilana on April 15, 2010

Saat sedang mampir di warung rokok, ada seorang ibu yg juga sedang berbelanja. Ibu itu bilang, “Mas tolong beli Aqua satu.” Si penjual mengambilkan air mineral. Kemudian memberikan pada ibu itu satu botol air mineral, namun merk Vit. Si ibu td tidak protes. Bagi dia, apapun merknya, air mineral ya Aqua. Ini Positioning.

Air mineral merk Aqua merupakan merk yg PERTAMA kali menjual air putih dalam kemasan botol. Sebelum ada Aqua, orang terbiasa minum dengan gelas. Namun setelah ada Aqua, orang mulai juga minum dengan botol. Aqua-lah yg pertama kali “meruntuhkan” tradisi bahwa minum hanya dengan menggunakan gelas. Karena Aqua sebagai pionir, maka produk2 lain yg hadir setelahnya hanya disebut “pengikut”. Artinya, posisi Aqua sebagai yg pertama, tidak dapat digeser. Pokoknya, air mineral itu indentik dng Aqua.

Coba saja perhatikan juga contoh berikut: ketika orang sedang membeli pasta gigi, selalu mereka bilang “membeli ODOL” Padahal ODOL merupakan salah satu merk pasta gigi juga sebagaimana Pepsodent atau Close-Up. Tapi orang selalu bilang membeli ODOL. Uniknya, saat ada pembeli bilang, “Mas, beli odol.” Si penjual bertanya balik, “Merk apa?”

Atau ketika orang membeli mie instan seringkali bilang membeli Indomie. Tapi saat diberi Supermie, mereka tidak protes. Padahal Indomie atau Supermie sama2 merk. Tp orang sudah terlanjur memahami bahwa Indomie adalah mie instan itu sedniri. Ini positioning. Yg pertama hadir atau yg pertama terkenal akan menjadi “yg paling diingat”. Sebaliknya, yg terakhir hadir juga cenderung paling diingat. Sementara yg di tengah2 cenderung kurang diperhatikan.

Pada tanggal 20 Juli 1969, Amerika mengirimkan 3 orang astronot bersama Apollo 11 menuju bulan. Mereka adalah Neil Armstrong, Edwin Aldrin, dan Michael Collins. Neil Armstrong dan Edwin Aldrin yg dipercaya mendaratkan kakinya di bulan. Sementara Michael Collins akan tetap mengorbit. Pada pukul 20:17:40 UT, Neil Armstrong mendaratkan kakinya di bulan. Dialah manusia pertama yg mendarat di bulan. Karena sebagai orang yg pertama mendarat di bulan, tentu saja tampilan Neil Armstrong jelek; posisi pendaratannya miring2 dan tidak sempurna. Saat mendarat, terucaplah kata2nya yg terkenal: “That’s one small step for [a] man, one giant leap for mankind.”

Tidak lama kemudian menyusul Edwin Aldrin sebagai orang kedua yg mendaratkan kakinya menyusul Armstrong. Tampilannya jauh lebih bagus daripada Armstrong. Edwin mendarat dengan tegap dan nyaris perfect.

Tapi banyak orang hampir2 cuma mengenal nama Neil Armstrong sebagai manusia bumi yg mendarat di bulan saat itu. Nama Edwin Aldrin nyaris tidak disebutkan, kecuali dalam buku2 sejarah. Di dalam benak orang cuma ada Neil Armstrong. Ini Positioning.

Seorang kawan iseng2 saya tanya (eksperimen krn penasaran), “Sudah brp kali pacaran?” Dia menjawab, “Selama hidup sudah lima kali.” Saya tanya lagi, “Siapa nama pacar ketiga kamu?” Ada waktu beberapa saat bagi dia utk berpikir. Tapi saat ditanya siapa nama pacar dia yg pertama atau terakhir, dia menjawab dengan cepat, bahkan spontan, tanpa perlu waktu utk mengingat2 dulu.

Sesuatu yg pertama hadir, yg pertama terkenal, atau yg terakhir hadir, cenderung akan sangat kuat untuk diingat, ini yg disebut positioning.

Jika ada orang yg bertanya siapa “bapak reformasi”, maka tidak salah juga jika dijawab, “Amin Rais.” Walau bukan cuma Amin Rais yg saat itu membuka pintu reformasi, tapi itulah positioning. Pak Amin dianggap sebagai “bapak reformasi.” Dan nama Amin Rais akan tetap melekat sebagai “bapak reformasi” meski sekarang banyak orang yg menggugat namanya sebagai “bapak yg cuma pandai menaik-turunkan orang lain.”

Betapa kuatnya positioning dalam benak kita. Bahkan saking kuatnya, terkadang kita menjadi berharap terlalu banyak pada apa yg kita positioning-kan.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: